Sejumlah Negara Sudah Jalin Kerja Sama Terkait Koperasi dengan Ikopin

Institut Manajemen Koperasi Indonesia (Ikopin), beberapa kali melakukan kerja sama dengan sejumlah negara dan beberapa daerah di Indonesia terkait pendidikan koperasi.

Beberapa negara yang telah melakukan kerja sama dengan Ikopin dalam bidang koperasi, di antaranya, Taiwan, Srilanka, Jepang, dan seluruh negara di Asia Tenggara.

Wakil Rektor Bidang Riset dan Kerja Sama, Yuanita Indriani, mengatakan, kerja sama yang telah terjalin tersebut yakni untuk wemujudkan koperasi sebagai ilmu dan belum diakui konsorsium keilmuan.

“Koperasi masih melekat dengan manajemen, belum diakui sebagai disiplin ilmu,” kata Yuanita di Kampus Ikopin, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Rabu (27/2/2019).

Yuanita mengatakan, bila koperasi menjadi disiplin ilmu, hal tersebut menjadi peluang besar bagi Indonesia sebagai pusat pembelajaran koperasi.

“Upaya ini tak lepas dari adanya International Co-operative Alliance (ICA), yang membantu Ikopin menjembatani kerjasama dengan negara luar,” katanya.

Peneliti ICA, Heira Hardiyanti, mengatakan, peran dari ICA adalah menginisiasi kerjasama seluruh koperasi di dunia, salah satunya menghubungkan Ikopin dengan Kota Imus, Philipina.

You May Also Like

kopi

Kabupaten Malang Kembangkan Koperasi SAR Gandeng IPB

teten

Menteri Koperasi dan UKM Kabinet Indonesia Maju, Profil Teten Masduki

jateng

Jateng Bikin Pusat Pelatihan Koperasi dan UKM di 2020

kopnus

Aplikasi Digital Koperasi Untuk Koperasi Nusantara