Peluang Usaha Startup 2019, Bagaimana Prospek Bisnisnya?

Tertarik mendirikan startup? anda harus melihat posting peluang usaha startup ini. Statistik startup global sangat mencengangkan meskipun demikian banyak orang tertutam pebisnis konvensional yang merasa bahwa fenomena bisnis stratup ini adalah bubble yang sewaktu2 bisa saja meledak. Bayangkan saja perusahaan rintisan berkelas dunia sekalipun sangat sedikit yg baner2 mampu menghasilkan profit. Anda tahu amazon? ya milik salah satu orang terkaya di dunia baru bisa menghasilkan profit 10 B dari 250 B revenue di tahun 2018 kemarin. Sejak tahun 1996 bisa dikatakan baru 3 tahun terakhir amazon bener2 menghasilkan keuntungan. Amazon hanya satu diantara sekian banyak perusahaan teknologi dengan valuasi sangat besar tetapi tidak menghasilkan uang sama sekali bahkan rugi, maka wajar jika sebagian pengamat mengatakan bahwa bisa jadi era startup ini akan menjadi bubble ekonomi besar, apakah memang demikian? kita coba cermati beberapa data dibawah ini.

Model Bisnis Yang Berbeda

Dulu kita selalu diajari bahwa bisnis yang baik adalah bisnis yang menghasilkan profit. Sampai dengan saat ini indonesia menganut hal tersebut, maka wajar jika salah satu sayarat melantai bursa atau IPO adalah sudah profit selama dua tahun. Startup tidak bisa di nilai dengan standar baku perusahaan saat ini, investor tidak peduli sbuah startup masih merugi selama growthnya bagus dan di perkirakan akan menhasilkan income besar di masa datang maka investasi akan terus berdatangan, itulah alasan kenapa startup bisa memiliki valuasi yang luar biasa besar, nilai di masa datang yang menentukan. Amazon menjadi contoh betapa model bisnis masa datang sudah berubah, tahun 2018 net profit amazon sudah mengalahkan wall mart dan tentu saja masa depan retailer terbesar di US ini akan semakin suram dimasa datang digantikan oleh perusahaan yang di rintis oleh Jeff Bensos Ini.

Amazon

Bagi investor menggelontorkan dana untuk perusahaan yg belum untuk adalah antisipasi model bisnis masa depan yang terus berkembang. Perusahaan2 rintisan raksasa seperti alibaba, facebook dan juga amazon adalah model yang di jadikan acuan bagaimana bisnis startup ini bis amemberikan keuntungan besar dimasa datang. Facebook dengan valuasi mencapai 6700 T mampu membukukan profit 200 T. Alibaba saat ini juga sudah menghasilkan profit 80 T, titik dimana startup mendapatkeuntungan yang masif inilah yang menjadi harapan masa depan para investor.

Tentu tidak mudah mencapai titif profit ini, amazon dan juga facebook butuh waktu yang sangat lama untuk mencapainya, selama proses mencapai profit ini maka staftup terus memerlukan duit untuk dibakar. Problemnya adalah ketika investor tidak lagi mau mendanai dan stsrtup kehabisan duit untuk emnsubsidi pelangganya maka pada saat itu pula lonceng kematian startup sudah berbunyi.

Prospek Bisnis Startup

Sebelum kita lihat prospek bisnis Startup dan berapa besar peluang usaha startup ini anda harus paham betul bahwa pendanaan besar belum tentu akan menghasilkan startup yang menguntungkan dimasa datang. sampai dengan saat ini tercatat sudah ratusan stsrtup dengan valuasi raksasa tetap kemudian gulung tikar, salah satu yang fenomenal adalah Arrivo.  Arrivo perusahaan yang menciptakan transportasi masa depan ini terpakasa ditutp tahun ini, alasanya karena tidak mampu mendapatkan funding baru, padahal selama beroperasi perusahaan yang berusaha menciptakan high speed tube car ini mampu meraup funding lebih dari 300 M USD.

Di indonesia sendiri sudah sangat banyak startup yang gagal, diperkirakan dari 1700 an startup hanya 1 % yang bisa dikatakan sukses, apa yang menjadi penyebab kegagalan startup? secara umum beberapa faktor ini adalah alasan kenapa starttup tidak bisa berkembang.

  1. Produk tidak memiliki nilai tambah/ tidak dibutuhkan pasar : 42 %
  2. Kehabisan uang tunai/tidak mampu mencari funding baru : 29 %
  3. Tidak memiliki tim yang tepat : 23 %
  4. Tidak mampu berkompetisi: 19 %
  5. Masalah Harga / Biaya: 18 %
  6. Produk yang tidak ramah pengguna: 17 %
  7. Produk tanpa model bisnis: 17 %
  8. Pemasaran yang buruk: 14 %
  9. Customer service buruk : 14 %
  10. Produk keliru atau salah: 13 %

Lantas apakah startup di indonesia tidak potensial? masih sangat potensial, anda bisa melihat besarnya prospek online di indonesia dengan melihat posting saya sebelumnya tentang prilaku konsumen online Indonesia.

Data BI menyebutkan pertumbuhan eccomerce Indonesia mencapai 151 % setahun. Nilanya lebih dari 77 T, angka ini tentu akan terus naik, sedangkan untuk produk digitas secara keseluruhan menunurt e-Conomy SEA 2018 menunjukkan bahwa ekonomi digital Indonesia tahun 2018 mencapai US$27 miliar atau sekitar Rp391 triliun.

Bahwa prospek bisnis startup besar memang sangat menggiurkan tetapi anda juga perlu melihat statistik start up indonesia. Berdasarkan start up ranking, indonesia memiliki 2.074, sumber lain dari Indonesia Digital Creative Industry Society, jumlah startup di negeri kita adalah 992. Dari angka yg sangat besar tadi 90 % startup gagal untuk berkembang.

data lain seperti yang kami sabutkan diatas CEO PT Duta Sukses Dunia, Yudi Candra hanya sekitar 1 persennya saja yang dapat bertahan, 99 persennya gagal.

Maka Jika ingin startup kita sukses 10 point penyebab kegagalan startup diatas harus anda atasi dengan baik. Startup yang mampu menghasilkan profit menurut saya punya potensi besar untuk survive.

Koperasi.net sendiri sudah memberikan fasilitasi kepada beberapa produk yang mempunyai potensi bagus untuk dikembangkan anda bisa melihat daftarnya di page Toko online koperasi.

Cara Membuat Startup Sederhana

Saya lebih cenderung kepada startup yang sederhana yang fokus kepada profit bukan sekedar pertumbuhan. Bagaimana cara membuat startup sederhana yang fokus kepada profit?

Memulai bisnis startup sebenernya sudah banyak dibahas oleh berbagai sumber. Membuat rencana yang baik dengan organisasi yang terencana adalah hal pokok yang harus anda lakukan, maka untuk mengurangi resiko serta memudahkan pendanaan awal anda bisa membentuk koperasi milenial seperti yang pernah saya bahas sebelumnya.

Jika organisasi anda telah siap maka langkah selanjutnya adalah mereliasaikan ide anda. Jika di ringkas maka hanya perlu 3 langkah bagi anda memulai usaha stsrtup dengan sukses. Merasakan apa yang di butuhkan konsumen, berfikir untuk memberikan solusi kepada konsumen dan membuat ide anda menjadi sebuah produk. Secara teoritis tahapan memulai startup adalah sebagai berikut.

cara memulai usaha startup

Memilih Produk Startup Yang Tepat

yang bisa memberikan solusi kepada konsumen adalah hal pertama yang harus anda lakukan. Bagi saya sendiri membangun startup yang sejak awal mampu menggenerate profit adalah hal kedua terpenting.

Seperti yang anda lihat bahwa 5 dari 10 penyebab kegagalan startup adalah karena produk. Salah produk adalah point paling besar yang menyumbang kegagalan bisnis, tidak hanya bisnis online sebenernya, bisnis offline pun sangat dipengaruhi oleh produk.

Analisis Total Addressable Market (TAM)

Langkah berikutnya adalah analisis TAM. Total Addresable Market atau bisa juga kita sederhanakan sebagai pangsa pasar sering digunakan oleh investor untuk memberikan “nilai” investasi kepada startup. Investor biasanya akan memberikan pendanaan sampai 10 kali nilai TAM.

Ada beberapa methode untuk menilai TAm salah satu yng paling banyak di gunakan adalah bottom up.

Rumusnya buttom up method adalah sebagai berikut:

Market size potential = N x MS x P x Q

N = total dari konsumen potensial

MS = Market share dari konsumen potensial

P = rata-rata harga jual

Q = rata-rata konsumsi produk/pembelian produk dalam setahun.

Data untuk mengukur TAM atau pangsa pasar ini memang tidak mudah di dapat, yang paling sering di gunakan adalah data BPS atau bahkan jika segment kita adalah UKM maka data kredit perbankan akan sangat membantu.

Jika anda sudah mendapatkan ide produk dan data2 diatas maka langakah selanjutnya adalh menciptakan prototype dan melakukan test pasar. Biasanya test ini dilakukan kepada minimal 100 prospek untuk melihat feedback dari calon konsumen.  Jika kita menggunakan alur panjang maka gambaran proses pendirian startup adalah sebagai berikut

Cara membuat startup

Butuh perjalanan panjang untuk membuat startup menghasilkan tetapi saya kira jika kita memulai dengan langkah yang tepat maka kita akan ikut menjadi pemain penting bagi bisnis online dimasa datang.

You May Also Like

fintec

Koperasi tak Kalah dari Fintech

kemenkop

Pengembangan Koperasi dan UMKM

teten

Menteri Koperasi dan UKM Kabinet Indonesia Maju, Profil Teten Masduki

jateng

Jateng Bikin Pusat Pelatihan Koperasi dan UKM di 2020