kopi

Kabupaten Malang Kembangkan Koperasi SAR Gandeng IPB

Pusat Kajian Resolusi Konflik( CARE) Lembaga Riset serta Dedikasi Kepada Warga( LPPM) IPB University bersama Tubuh Perencanaan Pembangunan Wilayah( Bappeda) Kabupaten Malang berkomitmen meningkatkan komoditas kopi di kawasan tersebut.

Pengelolaan komoditas tersebut nantinya hendak diserahkan kepada Koperasi Sridoretno Makmur Bersama( SMB) serta BUMDES di Desa Srimulyo, Sukodono, serta Baturetno.

koperasi

“ Kemampuan kemitraan antara Koperasi SMB dengan BUMDES sangat terbuka lebar. Dengan membangun kerjasama yang baik bisa silih menguntungkan untuk kedua belah pihak. Perihal ini diakibatkan terdapatnya kebutuhan buat silih menguatkan serta memaksimalkan kemampuan yang dipunyai oleh tiap- tiap pihak dalam upaya tingkatkan kinerja lembaga,” ungkap Profesor Manuntun Parulian Hutagaol, periset CARE LPPM IPB University.

Lebih lanjut, Dosen FEM IPB University itu mengatakan koperasi mempunyai SDM berpengalaman serta telah mempunyai modal dari tabungan anggota.

Dengan demikian BUMDES tidak butuh menghasilkan modal besar buat mengawali usaha serta telah terdapat anggota koperasi bagaikan sasaran pasar utama. BUMDES pula bisa ikut serta aktif menunjang upaya mensejahterakan petani kopi serta mengangkut komoditi kopi bagaikan komoditi unggulan Kecamatan Dampit.

Lewat aktivitas focus group discussion( FGD) yang diselenggarakan bersama Bappeda serta tokoh warga setempat di Ruang Rapat Kertanegara Kabupaten Malang sebagian waktu kemudian, terdapat 2 kerja sama yang ditawarkan oleh Koperasi SAR SMB ialah pengembangan usaha primer pemasaran kopi specialty serta usaha sekunder pengadaan pupuk serta bahan beras untuk anggota koperasi.

Biar atensi warga buat meningkatkan agribisnis kopi bertambah, diselenggarakan pula kuliah bersama yang dihadiri oleh tokoh warga, petani, serta kepala desa setempat.

Pada kuliah ini warga dikenalkan menimpa Koperasi Sentra Agribisnis Rakyat( SAR) Kopi di Kecamatan Dampit. Lewat kuliah ini diharapkan warga bisa berpartisipasi dalam menunjang serta mengawasi Koperasi SAR.

You May Also Like

Buku Kyai Maruf amin way

Berkoperasi Itu Keren, Peluncuran Buku The Ma’ruf Amin Way

Harus dari Profesional, Calon Menteri Koperasi dan UKM

Digital

MIS Group Rancang Model Bisnis Omni Channel

koperasi rizky abadi

Sistem Menggadai Barang Di Koperasi Rizky Abadi